9 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik untuk Menemani Akhir Pekanmu

Deretan Film Studio Ghibli terbaik yang wajib kamu tonton

Saat ini sudah ada banyak sekali beragam film yang berkembang di berbagai belahan dunia. Terlebih sekarang ada banyak rekomendasi film yang tersedia, namun beberapa mungkin dapat menjadi pilihan terbaik. Beberapa rekomendasi film Studio Ghibli terbaik berikut bisa kamu coba saksikan untuk mengisi harimu di kala waktu luang.

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung pada dasarnya ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus. Salah satunya adalah dengan tetap berada dalam rumah. Oleh sebab itu, pastinya kalian akan merasakan betapa bosannya melakukan aktivitas itu-itu saja. Guna mengatasi hal tersebut maka kamu bisa coba melakukan kegiatan menonton film berkualitas dan seru.

Selain film anime karya Makoto Shinkai, Studio Ghibli yang didirikan tahun 1985 ini juga menghasilkan berbagai macam karya luar biasa dengan gambar yang detail, plot menyentuh dan memiliki pesan moral. Banyak karya mereka yang begitu laris di pasaran film dunia dan ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri tentunya.

Deretan Rekomendasi Film Anime Studio Ghibli Terbaik

Memang ada banyak film animasi yang diproduksi Studi Ghibli, namun pada kesempatan kali ini penulis hanya akan merekomendasikan 9 film animasi studio Ghibli terbaik.

1. My Neighbor Totoro (1988)

Film animasi Studio Ghibli di urutan pertama adalah My Neighbor Totoro karya sutradara ternama, Hayao Miyazaki.

My Neighbor Totoro menceritakan petualangan dua gadis kakak beradik Satsuki dan Mei di mana dalam perjalanannya banyak bertemu dengan makhluk. Salah satunya adalah Totoro, penghuni hutan di dekat rumah yang baru mereka tempati.

Ada banyak sekali keseruan yang bisa kalian nikmati pada film satu ini. Salah satunya adalah keseruan saat menaiki bus kucing yang mereka lakukan dengan berkeliling ke tempat Totoro.

Makhluk besar hitam berbulu tersebut yang menjadi seorang penjaga dari perjalanan yang mereka lakukan tentunya membuat tayangan ini menjadi tidak terlupakan.

2. Grave of the Fireflies (1988)

Flm Studio Ghibli berikutnya yang bisa kalian tonton adalah Grave of the Fireflies. Ini merupakan salah satu rekomendasi animasi yang dapat membuat kamu mengucurkan air mata saat menontonnya.

Grave of the Fireflies menceritakan tentang perjuangan seorang pemuda bernama Seita yang berusaha keras menyembuhkan adiknya, Setsuko yang sakit-sakitan usai kota tempat tinggalnya dibom.

Seita mati-maian untuk bisa mencuri agar terbebas dari kelaparan, namun hal itu nyatanya tidak dapat membuat Setsuko untuk bertahan hidup.

Hadirnya credit title yang muncul setelah 89 menit memberikan informasi bahwa apa yang di perjuangkan sepenuh tenaga tidak dapat pertahankan selamanya. Jadi, saat menonton film ini maka jangan lupa siapkan tisu, ya!

3. From Up on Poppy Hill (2011)

Jika kalian menyukai film anime keren, maka jangan sampai melewatkan From Up on Poppy Hill yang merupakan sebuah kisah cinta remaja di Jepang romantis.

Film Studio Ghibli romance ini bercerita tentang seorang gadis bernama Umi yang sempat mengalami patah hati ketika mendengar kabar ayahnya tewas akibat kapal karam. Bahkan, dia sempat menutup diri karena kejadian tersebut begitu melukainya hingga pada akhirnya dia bertemu dengan Shun Kazama.

Pertemuannya dengan Shun Kazama membuat hari-harinya mengalami perubahan yang begitu drastis. Pada Poppy Hill merupakan tempat kedua remaja tersebut tinggali, menjadi saksi dari kedekatan mereka.

Intinya dalam film Studio Ghibli romantis ini banyak adegan yang pastinya bikin kamu baper setengah mati dengan keromantisan pada From Up on Poppy Hill.

4. Kiki’s Delivery Service (1989)

Film ghibli yang berdurasi 103 menit ini menceritakan tentang Kiki yang merupakan penyihir cilik yang membangun bisnis delivery service-nya.

Melalui sapu terbangnya, Kiki mengantar kue yang dibuat pada sebuah bakery sekitar pinggiran kota. Meski harus berpisah dari keluarganya pada usianya yang baru 13 tahun, namun dia tetap berteman dengan manusia bernama Tombo.

Dengan teman barunya, Kiki menghadapi asam garam kehidupan di mana mulai kehilangan kemampuannya untuk bisa terbang. Hal ini tentunya terus membuat kiki termotivasi dan kemudian melakukan berbagai macam upaya yang dia lakukan dengan optimal.

Dengan susah payah dia berusaha untuk dapat bertahan dan lalu mengembalikan kekuatan sihir yang dimilikinya.

Hadirnya nuansa yang asyik saat di tonton tentunya bakal mengusir rasa kebosanan yang dialami.

Saat ini kalian sudah bisa nonton anime Studio Ghibli di platform streaming terbaik Netflix.

5. Spirited Away

Sprited Away merupakan salah satu karya Studio Ghibli terbaik bergenre animasi fantasi dan petualangan. Film yang disutradarai Hayao Miyazaki tersebut sukses menyabet Oscar untuk kategori Best Animated Feature 2003 silam.

Spirited Away mengisahkan petualangan seorang gadis 10 tahun bernama Chiro yang tengah dalam perjalanan pindah ke kota baru bersama orang tuanya.

Tidak sengaja menemukan taman hiburan yang terbengkalai, kedua orang tua Chihiro membuat kesalahan dengan menyantap makanan di sebuah rumah makan. Hal itu pun membuat penghuni dunia roh marah.

Oleh sebab itu, Chihiro harus bekerja di dunia roh untuk menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke dunia nyata.

Selain itu, Spirited Away menawarkan kualitas grafik apik dan gambar yang detail sehingga bakal memanjakan mata kamu saat menontonnya.

6. Howl’s Moving Castle (2004)

Howl’s Moving Castle merupakan film animasi bergenre drama dan keluarga yang digarap Hayao Miyazaki.

Film Studio Ghibli terbaik ini menceritakan tentang seorang gadis 18 tahun bernama Sophie yang dikutuk menjadi perempuan tua oleh penyihir dan berusaha melunturkan mantra tersebut..

Sophie bahkan bertemu dengan berbagai macam makhluk menyeramkan serta hantu dan penyihir.

Menariknya, film ini juga masuk nominasi Oscar kedua untuk kategori Best Animated Feature tahun 2006

7. Princess Mononoke (1997)

Film Studio Ghibli terbaik selanjutnya adalah Princess Mononoke yang berlatar abad 14 di Jepang.

Princess Mononoke mengisahkan perjalanan Pangeran Ashitaka ke sebuah wilayah di bagian barat guna menghilangkan kutukan yang dia miliki. Setibanya di tempat itu, sang pangeran mendapati dirinya berada di sebuah perang antara penduduk hutan dan manusia dari Desa Penambang Besi.

Film ini disajikan dengan visual yang begitu apik dan tentunya bakal bikin penonton berdecak kagum.

Tak hanya seru, film ini juga terdapat pesan moral untuk menjaga lingkungan. Bahkan, Princess Mononoke menjadi film dengan penjualan tertinggi tahun 1997.

8. Whisper of the Heart (1995)

Whisper of the Heart merupakan film animasi Jepang bergenre drama romantis yang disutradari Yoshifumi Kondo.

Sinopsis film ini menceritakan seorang gadis muda bernama Shizuku Tsukishima yang sangat suka membaca buku dan bercita-cita menjadi penulis.

Suatu saat, dia menyadari semua buku yang dipilih di perpustakaan sudah diambil seorang anak laki-laki bernama Seiji Amasawa. Shizuku pun penasaran dan kemudian memutuskan untuk mencari tahu lebih lanjut siapa laki-laki itu.

9. Castle in The sky (1986)

Castle in The Sky merupakan film pertama Studio Ghibli yang bergenre action adventure.

Film Studio Ghibli terbaik ini menceritakan seorang wanita yang dikejar pembajak dan pejabat kota yang haus kekuasaan mencoba menyelamatkan istana apung Laputa dari kehancuran.

Walaupun visualnya belum setajam film lainnya, namun saat menontonnya kalian bakal diajak bertualang seru dengan animasi detail dan dinamis khas Ghibli.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film karya Studio Ghibli terbaik yang bisa kamu tonton. Jadi, film anime Studio Ghibli terbaik mana yang akan jadi favoritmu, nih?

You May Also Like

About the Author: putra

a man who is interested in movies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *