8 Film Anime Makoto Shinkai Terbaik yang Wajib Ditonton, Bikin Baper!

Daftar FIlm Anime Karya Makoto Shinkai Terbaik yang Wajib Ditonton

Bagi kamu para penggemar film anime, tentunya sudah mengenal nama Makoto Shinkai, bukan? Sutradara anime dan penulis asal Jepang ini kerap disebut sebagai “The New Miyazaki” (Hazao Miyazaki merupakan salah satu sutradara anime ternama dibalik Studio Ghibli). Dimana karya-karyanya memiliki ciri khas dan memikat hati para penggemar. Hal itu terbukti lewat salah satu animenya yang berhasil menjadi anime terbaik kedua di seluruh dunia, yakni kimi No Nawa (Your Name) yang meraih keuntungan hingga 11.1 milyar Yen.

Selain itu, karya-karyanya pun sering membawa tema romance sehingga membuat penonton baper alias terbawa suasana. Karya pertama Makoto Shinkai adalah anime pendek berjudul Tooi Sekai (The Other Worlds). Kemudian, ia mendapatkan penghargaan pertamanya lewat film Kanojo to Kanojo no Neko (She and Her Cat), dimana penghargaan tersebut adalah penghargaan bergengsi CG Anime Contest ke-12. Setelah itu, namanya pun mulai dikenal luas melalui film anime pertamanya yang berawal dari komiknya, yakni Voice of a Distant Star.

Nah, pada artikel kali ini, penulis akan membahas film anime karya Makoto Shinkai terbaik yang wajib banget buat ditonton dan sayang buat dilewatkan. Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Daftar Film Anime Karya Makoto Shinkai Terbaik

Adapun 8 film anime karya Makoto Shinkai terbaik yang wajib ditonton dan sayang jika dilewatkan, berikut ulasannya:

1. The Place Promised in Our Early Days (2004)

Film Anime Karya Makoto Shinkai Terbaik The Place Promised in Our Early Days

The Place Promised in Our Early Days atau berjudul Jepang Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho merupakan film anime pertama karya Makoto Shinkai yang berdurasi panjang. Menariknya, dalam film ini Makoto berperan menjadi produser sekaligus penulis naskah dan juga sutradara.

Dirilis pada tahun 2004, The Place Promised in Our Early Days mengisahkan tentang Jepang yang wilayahnya terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian Utara dikuasai oleh “Union” (mengacu pada Uni Soviet) dan Selatan dikuasai oleh Amerika Serikat. Hiroki, Takuya, dan Sayuri adalah dua anak laki-laki dan seorang gadis yang tinggal di Aomori, provinsi di Honshu yang paling dekat ke Hokkaido. Tiga sekawan ini tertarik dengan menara raksasa misterius yang mereka lihat di Selat Tsugaru. Mereka berjanji jika suatu hari akan membuat dan menerbangkan pesawat ke menara untuk mengungkap misteri itu. Namun, proyek tersebut ditinggalkan setelah hilangnya Sayuri secara tiba-tiba. Tiga tahun kemudian, Hiroki mengetahui bahwa Sayuri telah koma selama tiga tahun terakhir, sebuah hal yang terkait dengan rahasia menara UNION.

Film yang berdurasi 90 menit tersebut membawakan kisah yang cukup mengharukan dan disajikan dengan alur maju mundur. Tak heran jika film anime karya Makoro Shinkai ini berhasil meraih penghargaan Film Animasi Terbaik di Mainichi Film Awards.

2. 5 Centimeters per Second (2007)

Film anime makoto shinkai terbaik 5 CM per Second

Bergenre drama romantis, 5 Centimeters per Second atau berjudul asli Byousoku 5 cm yang dirilis pada tahun 2007 ini diceritakan dalam tiga babak, yaitu Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters per Second. Nah, salah satu film anime terbaik Makoto Shinkai ini mengisahkan tentang Takaki Tono dan Akari Shinohara yang merupakan dua sahabat karib di sekolah dasar yang sama. Mereka sering menghabiskan waktu bersama karena kesamaan sifat mereka hingga akhirnya menjadi teman dekat dan menimbulkan perasaan sayang di antara mereka

Suatu hari, Akari Shinohara pun harus pindah ke kota lain sehingga mereka harus berpisah. Akan tetapi, keduanya masih saling berkomunikasi dengan berkirim surat. Seiring bertambahnya usia, membuat mereka semakin jauh dan sulit untuk dihubungi. Pada akhirnya, keadaan itu membuat Takaki memutuskan untuk mengunjungi Akari untuk terakhir kalinya.

Selain menawarkan kisah cinta yang realistis, visualisasi yang tersaji dalam film ini begitu indah nan memanjakan mata. Terlebih, soundtrack yang mengiringi di setiap adegan akan membuat penonton semakin terbawa suasana. Selain itu, Film 5 Centimeters per Second ini pun telah mendapatkan penghargaan Best Animated Feature Film di Asia Pacific Screen Awards tahun 2007.

3. Children Who Chase Lost Voices (2011)

Children Who Chase Lost Voices atau berjudul asli Hoshi o Ou Kodomo mengisahkan seorang gadis muda bernama Asuna Watase yang sering menyendiri di atas bukit bersama kucingnya, Mimi. Saat sedang mendengarkan suara misterius yang berasal dari kristal peninggalan mendiang ayahnya, Asuna tiba-tiba diserang oleh monster misterius. Namun, dia diselamatkan oleh anak laki-laki bernama Shun yang berasal dari negeri lain bernama Agartha. Pertemuan dengan laki-laki tersebut pun menjadi awal perjalanan Asuna menjelajah Agartha.

Dalam film yang bergenre fantasi ini, Makoto Shinkai menjadi sutradara sekaligus penulis naskah. Selain itu, film Children Who Chase Lost Voices ini menyuguhkan pemandangan negeri fiksi Agartha yang indah dan sangat mendetail. Bahkan, tak sedikit penonton yang membandingkan film ini dengan karya-karya Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli.

Membawakan cerita yang begitu menghangatkan hati, film ini seakan menyampaikan pesan bahwa perpisahan itu pasti akan datang dan kita harus merelakan kepergian orang-orang yang disayangi. Terlebih lagi, film anime Karya Makoto Shinkai ke-4 ini berhasil mendapatkan enam nominasi dari sejumlah ajang ternama, salah satunya adalah Best Art Direction dalam Tokyo Anime Award 2012.

4. The Garden of Words (2013)

film anime karya makoto shinkai terbaik the garden of words

Film Anime karya Makoto Shinkai selanjutnya yaitu The Garden of Words atau berjudul asli Kotonoha no Niwa yang dirilis pada tahun 2013. Film animasi bergenre drama ini menceritakan tentang seorang remaja laki-laki berusaha 15 tahun dan wanita berusia 27 tahun yang tidak sengaja bertemu kala hujan dan berteduh bersama di sebuah Taman Nasional Shinjuku Gyoen. Mereka pun berjanji untuk terus datang kembali setiap hari hujan. Tanpa disadari, pertemuan mereka berdua perlahan mulai membentuk ikatan.

Menyuguhkan visualisasi dan sinematografi yang detail pada setiap adegan, gambar yang ditampilkan dalam film ini begitu hidup seperti tetesan hujan, daun-daun yang bergoyang hingga tema warna yang ditorehkan seakan memberi kesan hangat. Meskipun berdurasi cukup pendek, film ini akan mengaduk-aduk emosi kamu karena kisah yang dihadirkan cukup bikin baper.

5. Voice of a Distant Star (2002)

Film pendek bergenre sci-fi yang berdurasi 25 menit ini mengisahkan hubungan jarak jauh sepasang remaja, Mikako Nagamine dan Noboru Terao. Mikako terpilih untuk menjadi anggota UN Space Army dan diharuskan menjelajah luar angkasa, meninggalkan bumi dan sahabat karibnya, Noboru. Keduanya berjanji untuk saling berhubungan dengan bertukar email lewat telepon seluler. Namun, seiring jarak yang ditempuh Mikako semakin jauh dari tata surya, membuat email tersebut terkirim lumayan lama. Sampai-sampai, satu email bisa terkirim satu tahun kemudian.

Voice of a Distant Star atau memiliki judul asli Hohi no Koe ini berlatar di jepang pada tahun 2047 saat bumi tengah menghadapi peperangan dengan pasukan alien yang bernama Tarsians. Selain itu, nuansa sendu yang hadir dalam film ini membuat kita ikut merasakan emosi dari kedua tokoh. Lewat film animasi pertamanya ini, Makoto Shinkai kembali memenangkan penghargaan Animation Kobe dan Seiun Award 2003.

6. Someone’s Gaze (2013)

Dirilis pada tahun 2013, film yang berdurasi singkat hanya enam menit ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Okamura Aya, yang akrab dipanggil juga “Aachan”, karena Ibunya ada di luar negeri untuk menjalani pekerjaan sebagai dokter, jadi ia tinggal bersama ayahnya dan kucing peliharaan, Mii-san. Setelah Aachan dewasa, ia mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan dan memilih untuk berpisah dari ayahnya karena untuk memulai kehidupan barunya. Ayahnya yang biasa tinggal dengan Aachan, kini hanya bersama dengan kucing peliharannya dirumah. Suatu hari ayahnya terus mencoba menghubunginya, tetapi entah kenapa Aachan tidak menjawabnya.

Meski hanya berdurasi pendek, cerita yang disajikan dalam film ini akan membuat mata berkaca-kaca. Apalagi ditambah dengan kualitas visual yang indah dan backsound yang memanjakan telinga, Someone’s Gaze atau berjudul asli Dareka no Manazashi merupakan salah satu film anime Makoto Shinkai yang layak banget untuk kamu saksikan.

7. Your Name (2016)

Your Name atau Kimi No Nawa salah satu film anime terbaik makoto shinkai

Saat dirilis pada tahun 2016 silam, film anime terbaik karya Makoto Shinkai ini sempat menggemparkan industri perfilman Jepang dan para penggemar anime di seluruh dunia. Hingga saat ini, Kimi no Nawa atau Your Name masih memuncaki daftar film anime terbaik. Bahkan, film ini juga meraih pendapatan tertinggi, yaitu sebesar 25 Miliar Yen atau 3,45 Triliun.

Selain menampilkan visualisasi yang memanjakan mata, cerita yang dihadirkan pun tidak terduga. Your Name sendiri bercerita mengenai kehidupan dua remaja yang saling bertukar tubuh satu sama lain. Adalah Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana. Mitsuha adalah anak dari desa sedangkan Taki tinggal di tengah kota Tokyo. Terkadang mereka bermimpi seperti sedang bertukar jiwa, namun lama-kelamaan mimpi itu terasa semakin nyata. Saat mereka sadar bahwa mereka berdua tidak bermimpi, keduanya mulai membuat buku harian untuk melaporkan kejadian yang mereka alami saat bertukar tempat.

Menariknya lagi, film animasi ini juga telah meraih berbagai penghargaan, salah satunya dalam ajang Sitges International Fantastic Film Festival ke-49 sebagai Best Feature Length Film. Selain itu, film ini bakal menguras emosi kamu dengan kisah haru perjuangan Taki demi menyelamatkan Mitsuha.

8. Weathering With You (2019)

Weathering with you merupakan film anime terbaru karya makoto shinkai terbaik

Film anime terbaik karya Makoto Shinkai terakhir adalah Weathering with You atau berjudul jepang Tenki no Ko yang dirilis pada tahun 2019.
Seperti namanya, Weathering with You atau Tenki no Ko menceritakan tentang seorang anak muda bernama Hodaka Morishima yang meninggalkan tempat asalnya dan memutuskan untuk tinggal di Tokyo.

Sayangnya, dia selalu ditolak bekerja di mana-mana karena masih di bawah umur. Hanya ada satu perusahaan majalah lokal yang mau menerimanya bekerja sebagai penulis lepas. Hodaka pun diminta untuk mencari kisah-kisah aneh yang terjadi di sekitar.

Sampai di satu sudut kota, Hodaka bertemu dengan Hina yang ternyata adalah seorang “Gadis Matahari”. Hina sendiri memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca hanya dengan berdoa. Namun, cuaca yang terus-menerus dikontrol malah berakibat buruk pada dunia.

Baca Juga: 4 Fakta Kimetsu no Yaiba yang Menarik dan Wajib Kamu Ketahui!

Selain menyajikan visual yang indah dan apik, soundtrack dari Radwimps dalam film ini akan membuat kamu ikut terbawa suasana. Bukan Makoto Shinkai namanya jika tidak menampilkan visual yang memanjakan mata sebagai ciri khasnya. Film ini juga merupakan salah satu film animasi yang meraup pendapatan tertinggi.

Nah, itulah deretan rekomendasi film anime karya Makoto Shinkai terbaik yang wajib untuk ditonton. Jadi, film anime Makoto Shinkai mana yang sudah kalian tonton dan jadi favorit, nih?

You May Also Like

About the Author: putra

a man who is interested in movies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *