9 Anime Populer yang Dilarang Tayang di Indonesia, Ada Crayon Shinchan hingga One Piece

Anime yang Dilarang Tayang di Indonesia, salah satunya One Piece.
Anime yang Dilarang Tayang di Indonesia, salah satunya One Piece. (Foto: Otakuart)

Anime populer yang dilarang tayang di Indonesia bagi sebagian orang masih jarang diketahui. Padahal anime-anime tersebut sempat disiarkan di TV hingga menjadi favorit para penonton.

Seperti yang diketahui, anime merupakan kartun Jepang yang memiliki berbagai macam genre. Kendati demikian, tak semua anime ditujukuan untuk anak-anak. Termasuk sejumlah anime yang dilarang tayang di Indonesia ini.

Alasan dilarangnya anime-anime tersebut juga beragam, mulai dari visual yang dianggap enggak cocok ditonton umum hingga cerita yang dinilai terlalu gelap. Hal ini tentu saja meninggalkan kekecewaan untuk para penggemarnya.

Lantas, apa sajakah anime yang dilarang tayang di televisi Indonesia? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Daftar Anime yang Dilarang Tayang di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar anime populer yang dilarang tayang di televisi Indonesia.

1. Crayon Shinchan

shin chan 1

Anime populer yang dilarang tayang di Indonesia di urutan pertama ada Crayon Shinchan. Mungkin banyak orang yang mengira jika anime ini adalah tontonan untuk anak-anak. Namun, sebenarnya Crayon Shinchan masuk ranah seinen yang mana anime untuk orang di atas umur 18 tahun.

Bahkan, terdapat banyak adegan yang tidak mendidik sehingga mengarah ke hal mesum dan porno. Contohnya seperti Shinchan yang kerap memamerkan pantat, menggoda wanita seksi dan lainnya.

Karena itu, Crayon Shinchan pun akhirnya dilarang tayang lantaran tak cocok bagi anak-anak.

Crayon Shinchan sendiri menceritakan tentang seorang bocah berusia 5 tahun bernama Shinnosuke Nohara atau biasanya dipanggil Shinchani pada kesehariannya.

Baca juga: 16 Karakter Terkuat di Tokyo Revengers yang Wajib Kamu Ketahui!

2. Death Note

Anime yang dilarang tayang di Indonesia, salah satunya Death Note

Anime populer yang dilarang tayang di televisi Indonesia selanjutnya ada Death Note. Anime yang memiliki popularitas cukup tinggi mengisahkan Seorang remaja biasa bernama Light Yagami yang hidupnya berubah usai menemukan sebuah buku tulis ajaib yang jatuh dari langit, yakni Death Note. Buku itu pun ternyata bisa membunuh orang yang namanya tertulis di dalamnya.

Death Note juga sempat tayang di Indonesia. Akan tetapi, banyaknya adegan pembunuhan membuat anime yang diadaptasi dari manga garapan Tsugumi Ohba ini dilarang di Tanah Air.

Bahkan, anime populer ini pernah pindah jam tayang, yaitu tengah malam. Namun, tak banyak orang yang menonton anime tersebut.

Baca juga: Daftar Geng Terkuat di Anime Tokyo Revengers, Salah Satunya Valhalla!

3. One Piece

Anime yang sempat mengudara di beberapa stasiun televisi Indonesia ini begitu populer dan hingga saat ini masih terus eksis. One Piece pun pernah menghiasi layar kaca di Minggu pagi.

One Piece sendiri mengisahkan petualangan Luffy dan Perompak Topi Jerami dem mencari harta karun One Piece.

Alasan mengapa anime populer ini dilarang di tayang di tv Indonesia adalah gambar visualnya yang terlalu vulgar hingga tak cocok ditonton anak-anak di bawah umur. Mulai dari banyak adegan kekerasan, beberapa karakter wanita yang tampil dengan pakaian cukup seksi dan karakter yang perokok.

Baca juga: Ini Alasan Kuat Kenapa Tanjiro Jadi Iblis, Kamu Harus Tahu!

4. Detective Conan

46b38 detective conan

Anime populer berikutnya yang dilarang tayang di Indonesia adalah Detective Conan. Saat ini, Detective Conan diketahui telah berjalan sampai ratusan episode menyaingi One Piece.

Detective Conan menceritakan tentang Shinichi Kudo, detektif SMA yang tubuhnya mengecil usai dicecoki pil oleh anggota Organisasi Hitam. Conan pun membantu polisi guna memecahkan berbagai kasus kriminal.

Meski begitu, anime yang sudah tayang di televisi sejak 1997 ini dilarang karena terlalu banyak menampilkan adegan pembunuhan dan penjelasan soal bagaimana pelaku melakukannya di tiap episode. Hal itu dikhawatirkan akan dicontoh anak-anak.

Baca juga: 9 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik untuk Menemani Akhir Pekanmu

5. Bleach

Sama seperti anime-anime sebelumnya, Bleach juga dilarang tayang di televisi Indonesia. Hal itu pun lantaran banyaknya adegan kekerasan yang disajikan dan tak senonoh. Termasuk diperlihatkannya darah saat karakter sedang bertarung hingga penampilan karakter yang vulgar.

Bleach pun menceritakan tentang Ichigo Kurosaki yang menjadi Shinigami atau Dewa Kematian usai menolong Kuchiki Rukia. Ichigo lalu memasuki dunia baru di Soul Society. Bersama Shinigami lainnya, Ichigo menghadapi banyak musuh berat.

Baca juga: 8 Film Anime Makoto Shinkai Terbaik yang Wajib Ditonton, Bikin Baper!

6. Inuyasha

a528d inuyasha

Cek Berita dan Artikel FilmUnik.com lainnya di Google News